BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun ini kembali memberikan seragam gratis kepada siswa baru, di tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, baik Sekolah negeri maupun Swasta.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Renti Mokoginta, menyampaikan, bahwa program seragam gratis ini merupakan salah satu visi-misi dari Pemerintahan Yasti-Yanny. “Bantuan seragam gratis ini bersumber dari APBD tahun anggaran 2019, dengan nilai 4 miliar lebih. Dan program ini selama kepemimpinan Yasti-Yanny tetap ada,” Ujar Renti, Rabu (23/10/2019)

Renti mengatakan, bahwa proses penyaluran seragam gratis sudah dimulai sejak kemarin. “Sebagian seragam gratis untuk MI, MTS, SD dan SMP sudah di distribusikan dari kemarin. Besok jadwal pendistribusiannya di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak,” ungkap Renti.

Untuk penyerahan secara simbolis oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow,
rencanannya diagendakan pada tanggal 28 Oktober. “Rencananya Insya Allah Bupati akan menyerahkan secara simbolis pada tanggal 28 Oktober di upacara hari Sumpah Pemuda,” tutur Renti.

Ia berharap, dengan adanya bantuan seragam gratis dari pemerintah yang sudah berjalan 2 tahun ini, dapat meringankan beban bagi orang tua. Terutama masyarakat yang kurang mampu. “Semoga dengan adanya bantuan ini, anak-anak siswa dapat lebih giat lagi belajar dengan baik. Untuk pendidikan di Bolmong yang lebih berkualitas,” Ucap Renti.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Bolmong, Abdulrivai Mokoagow, mengatakan, bahwa jumlah siswa yang menerima seragam gratis berjumlah : SD 3093 paket dan SMP 3635 ; MI 211, serta MTS 391 paket. “Satu siswa akan menerima satu paket yang terdiri dari 7 item, berupa seragam, topi, dasi, ikat pinggang, tas, kaos kaki dan sepatu,” jelas Rivai.

Rivai menambahkan, bahwa ada tim yang mendampingi saat penyaluran di sekolah. “Jadi ada tim dari Dinas yang akan mendampingi untuk memastikan barang tersebut sampai ke siswa. Tim tersebut yaitu Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP),” terang Rivai.

Adapun jumlah sekolah keseluruhan yang ada di Kabupaten Bolmong, kata Rivai, berjumlah; SD Negeri 203 dan SD swasta 18. Sedangkan SMP Negeri 48, serta SMP Swasta 20 Sekolah. Untuk MTS Negeri ada 2 Sekolah, MTS Swasta 11 Sekolah dan MI Negeri 3 Sekolah, MI Swasta 4 Sekolah, tutupnya.