BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) Jumat, 20 November 2020, melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Kegiatan yang di prakarsai oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) ini, dilaksanakan di Hotel Grand Luley Manado, dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, SIP MM.

Pelaksanaan Bimtek tersebut digelar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan daerah.

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD Advertorial Bolmong Headline Terkini

Pemateri dalam kegiatan Bimtek ini, dihadirkan dari Direktorat Bina Bangsa Kemendagri, Yanuar Andriyana Putra ST MMSI, serta Kasi Wilayah 1 Subdit Dukungan Teknis Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri, Dj Gagat Sidi Wahono Ketua Tim IT SIPD.

Sekda Bolmong, Tahlis Gallang, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih serta apresiasi atas pelaksanaan Bimtek SIPD ini. Karena, kurang lebih dari 540 daerah di Indonesia, sudah mendahulukan Kabupaten Bolmong menggelar lebih awal. Untuk Tahun 2021, secara serentak seluruh daerah menggunakan SIPD.

“Saya mewakili ibu Bupati, berterima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Kalau dulunya kita menggunakan aplikasi yang berbeda-beda, untuk tahun 2021 ini disatukan dalam satu aplikasi SIPD,” ujar Tahlis.

Sekda berharap, dengan adanya Bimtek SIPD ini bisa lebih maksimal dan baik lagi dalam mengelola sistem informasi. Karena melalui aplikasi SIPD kondisi daerah dapat terpantau. Serta dapat menjadi bahan evaluasi.

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD Advertorial Bolmong Headline Terkini

“Bisa menjadi bahan evaluasi, serta terpantau daerah yang sering melakukan pergeseran. Artinya, disini kelihatan bahwa tidak matang dalam perencanaan,” kata Panglima ASN Bolmong ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Bolmong, Welti Komaling, selaku ketua Badan Anggaran (Banggar), Wakil Ketua DPRD, Sukron Mamonto, Wakil Ketua, Abdul Kadir Mangkat, serta Anggota Banggar DPRD Bolmong dan Pimpinan SKPD.

Sementara itu, Kepala BKD Bolmong, Rio Lombone, menambahkan, bahwa peserta dalam Bimtek ini berjumlah 108 orang yang merupakan perwakilan dari masing-masing SKPD. “Pesertanya terdiri dari Kasubag Program dan Operator di masing-masing SKPD,” ucap Rio.

Sesuai dengan jadwal pelaksanaannya, Bimtek ini berlangsung selama 3 (Tiga) hari, mulai dari Jumat 20 November sampai dengan Minggu 22 November 2020. Kegiatan Bimbingan Teknis mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan menyediakan Hand Sanitizer.

Advertorial