Tri Suswati Karnavian dan Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Ruthy Bambang Waskito (memegang mic), saat jumpa pers. Foto : Istimewa.

SULUT  – Panitia Pelaksana Rekor Penyelaman Massal dan Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang, menggelar jumpa pers di resto Wahaha, Kawasan Mega Mas Manado, Sabtu (21/7/2018).

Penyelaman Massal oleh Penyelam Wanita dan Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2018 di Kawasan Mega Mas, Pantai Manado, Sulawesi Utara.

“Rekor MURI sebelumnya pesertanya laki-laki dan perempuan. Kali ini peserta hanya perempuan,” ujar Ketua Umum Bhayangkari, Tri Suswati Karnavian, selaku Ketua Umum WASI.

Menurut istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu, para peselam wanita yang akan berpartisipasi pada kegiatan ini terdiri dari anggota Bhayangkari, Polwan, Wan TNI, Jalasenastri, komunitas selam dan mahasiswi.

“Pesertanya harus sehat jasmani dan rohani. Harus memiliki lisensi selam dan masih ada persyaratan teknis lain,” ucapnya.

Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Ruthy Bambang Waskito yang mendampingi Tri Suswati menambahkan, Panpel hanya menargetkan 500 peserta namun meski telah ditutup pada 6 Juli 2018, masih banyak yang ingin mendaftar.

“Yang sangat membanggakan dari kegiatan ini adalah lebihnya peserta yang awalnya hanya ditargetkan 500 peselam,” kata Istri Kapolda Sulut, Irjen Bambang Waskito ini.

Wakil Ketua II Bidang Rekrutmen  Panpel itu mengatakan, para penyelam yang akan datang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

“Ini membuktikan bendera merah putih akan terbentang dari sabang sampai merauke sebagaimana yang diucapkan ibu Kapolri,” ujar wanita yang hobi menyelam ini.

Pelaksanaan kegiatan merupakan rangkaian untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73. Kegiatan ini juga dibarengi dengan dilaksanakan aksi kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan pembersihan pantai, menggelar hiburan bagi masyarakat dengan menghadirkan artis nasional dan lokal, program car free day dan olah raga.

Turut hadir pada acara jumpa pers, Deputi IV Kemenko Maritim Saffri Burhanudin bersama staff, Wakil Ketua II Panpel Bidang Penyelenggaraan Luly Rudy Sufahriadi dan anggota Bhayangkari.

Penulis : Pratama Yudistira