BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga saat ini masih kekurangan tenaga guru. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong berencana membuka penerimaan guru honorer pada Tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta, membenarkan bahwa sampai saat ini Bolmong masih kekurangan tenaga guru. Oleh karena itu, pihaknya bakal menambah tenaga guru honorer pada tahun 2021 mendatang.

Ia mengatakan, untuk pengajuan guru honorer pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2020 belum ada. “Saat ini belum ada pengajuan penambahan guru honorer untuk APBD-P,” kata Renti, Senin (12/10/2020).

Renti mengungkapkan, penambahan guru honorer akan tetap dilakukan. Mengingat masih ada kekurangan tenaga guru di Bolmong. “Rencananya nanti di APBD Tahun 2021 baru ada penambahan,” ungkapnya.

Menurut Renti, faktor kekurangan jumlah tenaga guru di Bolmong menjadi salah satu acuan untuk merencanakan penambahan guru honor tahun depan. “Iya, itu salah satu indikatornya,” singkat Renti.

Ia menjelaskan, bahwa guru honorer daerah di Bolmong saat ini berjumlah 250 orang. Dan semua guru itu dibiayai dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), kurang lebih sebanyak 653 orang. “Itu sudah semuanya, mulai dari guru honor SD maupun SMP,” jelasnya.