BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sedang menyusun draf Kebijakan Umum Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2021.

Kepala Bappeda Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam, menyampaikan, bahwa draf KUAPPAS sedang dalam proses penyusunan. Pihaknya, akan berupaya dalam waktu dekat ini semuanya sudah rampung. “Saat ini masih dalam proses perampungan. Kita upayakan pekan ini diserahkan ke DPRD,” ujarnya.

Menurut Yarlis, dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menjadi rumusan dari visi dan misi Bupati, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup), Yanny Ronni Tuuk STh, pada tahun 2021 atau tahun ke empat kepemimpinan, diangkat tema pembangunan Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat.

“Tema tersebut, merupakan bagian dari RPJMD Bupati dan Wakil Bupati. Sehingga, dalam proses perencanaan dan pembangunan daerah semuanya berkelanjutan, mulai dari tahun pertama kepemimpinan hingga selesai,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa dalam kondisi pandemi yang berdampak terhadap perekonomian saat ini, maka pemerintah daerah juga telah merangkum dalam tema tersebut terkait penanganan Covid-19. “Sudah termasuk didalamnya adalah salah satu solusi pemulihan ekonomi pasca covid 19,” ucap Yarlis.