BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan rapat paripurna pembicaraan tingkat I penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Rapat yang digelar pada Jumat (27/11/2020) diruang paripurna kantor DPRD Bolmong itu, dipimpin langsung oleh ketua DPRD, Welty Komaling, didampingi Wakil Ketua, Sukron Mamonto dan Abdul Kadir Mangkat, serta dihadiri oleh Wakil Bupati, Yanny Ronny Tuuk, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, Asissten I, Asissten III, pimpinan SKPD dan ASN di lingkup Pemkab Bolmong.

Anggota DPRD Bolmong yang hadir dalam paripurna tersebut masing-masing dari semua fraksi. Ketua DPRD, Welty Komaling, saat memimpin rapat paripurna, menyampaikan, dengan melihat daftar hadir dari Anggota DPRD yang ada, maka rapat paripurna ini dinyatakan korum dan terbuka untuk umum.

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penyampaian Ranperda APBD TA 2021 Advertorial Headline Terkini

“Paripurna Ranperda APBD Kabupaten Bolmong TA 2021 ini, merupakan tindaklanjut dari kesepakatan bersama antara Legislatif dan Eksekutif, tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Bolmong TA 2021,” ujar Welty.

Dalam rapat paripurna ini, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, menyampaikan ringkasan Ranperda APBD Bolmong TA 2021 yang telah disusun oleh Pemkab Bolmong. Dimana, penyususunan Ranperda tersebut merupakan implementasi dari program dan kegiatan di dalam struktur APBD, sebagaimana di atur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan tetap berorientasi pada anggaran berbasis kinerja yang mengutamakan hasil dari program dan kegiatan yang akan dicapai, serta penggunaan anggaran secara kualitas dan kuantitas yang terukur, efektif, efisien dan ekonomis,” ungkap Yanny.

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penyampaian Ranperda APBD TA 2021 Advertorial Headline Terkini

Dalam rangka pencapaian sasaran prioritas pembangunan, kata Wakil Bupati, maka telah ditetapkan tema pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun anggaran 2021. Dengan tema “Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata, terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat”.

Menurut Wakil Bupati, tema tersebut telah diselaraskan dengan isu dan tema pembangunan nasional tahun 2021, serta tema pembangunan provinsi sulawesi utara tahun anggaran 2021, sehingga arah kebijakan ekonomi daerah tahun anggaran 2021 nanti, diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur, serta mengandalkan berbagai potensi unggulan daerah, sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini.

“Dari uraian tema pembangunan kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2021 tersebut, maka disusunlah lima sasaran prioritas pembangunan daerah, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD tahun 2021, yaitu: pertama, penguatan produktivitas pertanian dan produk olahan turunan; kedua, pengembangan dan pemasaran produk unggulan kabupaten; ketiga, pengembangan pelaku usaha berbasis pemberdayaan masyarakat desa; keempat, mempermudah akses modal; dan kelima, membangun keterpaduan antar wilayah untuk pengembangan pariwisata dan pertanian,” jelas Wakil Bupati.

Usai mendengarkan penyampaian Ranperda dari Wakil Bupati, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pandangan dari masing-masing fraksi terkait penyusunan Ranperda APBD Bolmong TA 2021. Dari 6 fraksi yang ada, semuanya menerima Ranperda tersebut untuk dibahas pada tahap selanjutnya.

Advertorial