BAGIKAN
Bupati Yasti bersama BPKP Sulut bapak Setya Nugraha
Bupati Yasti bersama BPKP Sulut bapak Setya Nugraha

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow, menerima kunjungan kerja dari kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (22/09/2020) di D Talaga Resto.

Pertemuan Bupati Bolmong dan kepala BPKP Sulut bapak Setya Nugraha ini, membahas program System Elektronik Monitoring Akuntabilitas Kinerja Desa Terpadu, yang diberi nama ‘Semakin Syahdu’. Program ini nantinya akan digunakan oleh setiap Desa yang ada di Kabupaten Bolmong.

Program Semakin Syahdu, bertujuan untuk meningkat kemampuan Desa dalam mempertanggungjawabkan segala sumber daya dan pelaksanaan kegiatan. Selain itu juga mendorong transparansi dalam pengelolan Dana Desa.

Bupati Yasti, dalam pertemuan itu menyampaikan sangat mendukung program dari BKPP tersebut. “Saya mendukung penuh program Semakin Syahdu dari kepala BPKP perwakilan Sulut. Program ini sangat bermanfaat bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Bolmong,” kata Yasti.

Bupati mengatakan, bahwa Bolmong ini sangat luas. Terdiri dari 15 Kecamatan dan 200 Desa, serta 2 Kelurahan. Hampir 30 persen luas wilayah Sulut adalah wilayah Kabupaten Bolmong. Oleh karena itu dengan adanya program ini, tentu sangat membantu meningkatkan akuntabilitas keuangan desa.

“Karena baru 3 tahun ini ada dana desa dari pemerintah pusat yang cukup besar anggaranya. Sehingga banyak juga kepala Desa kami yang gagap penyajian keuanganya, lebih khusus akuntabilitas,” ungkap Yasti.

Yasti mengakui diera keterbukaan saat ini kita betul betul memerlukan program Semakin Syahdu. “Mudah mudahan implementasi dari program ini segera terlaksana di Kabupaten Bolmong, agar supaya dalam pertanggungjawaban keuangan Desa maupun Pemkab Bolmong akan semakin baik lagi,” ujar Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati mengucapkan banyak terima kasih kepada BPKP, Setya Nugraha, yang telah membuat program Semakin Syahdu ini. “Saya yakin ini sangat bermanfaat bagi Pemkab Bolmong,” imbuhnya.