Losail – Tinggal sekitar dua pekan lagi menuju seri pertama MotoGP 2016. Di waktu yang singkat itu, Marc Marquez mengaku kalau kondisi motor Honda masih belum seperti yang diinginkan.

Marquez cuma duduk di posisi 10 pada hari pertama sesi latihan pramusim yang dilangsungkan di Sirkuit Losail, Rabu (2/3/2016) kemarin. Dia terpaut satu detik lebih dengan Jorge Lorenzo, yang dalam kesempatan itu berhasil menjadi rider dengan catatan waktu terbaik.

Diakui sendiri oleh Marquez, dirinya dan kru Honda kesulitan mencari setelan terbaik untuk motornya. Masih ada beberapa masalah yang belum ditemukan solusinya.

“Kami tahu sebelum datang ke Qatar kalau sirkuit ini akan menjadi salah satu yang paling sulit sepanjang musim, dan tahun ini kami menghadapi tantangan yang berat terkait tikungan. Kami masih jauh dari yang diharapkan, tapi hal positifnya adalah ini semua masih sesi tes,” ucap Marquez.

Untuk sesi tes Kamis hari ini Marquez dan Honda akan mencoba meningkatkan performa RC213V saat menikung dan keluar dari tikungan. Sasis motor juga masih akan jadi perhatian utama.

“Di sisa hari, kami akan mencoba memahami beberapa hal lain untuk mengetahui ke arah mana pengembangan harus dilakukan. Kami mengerjakan hampir semua hal dan yang saya rasakan terbaik adalah saat pengereman dan ketika memasuki tikungan. Yang harus dikerjakan adalah untuk cornering dan saat keluar dari tikungan, karena di sanalah kami kehilangan banyak waktu dan di sirkuit seperti ini membuatnya sulit di lintasan lurus,” lanjut juara dunia dua kali asal Spanyol itu seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

(din/rin)