BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Mendidik siswa adalah kewajiban seorang guru. Metode atau cara mendidik memberikan dampak yang besar akan karakter siswa.

Seperti di SMP Negeri 1 Kotamobagu. Sekolah ini memiliki cara khusus untuk mendidik siswa mereka.

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, dengan mendidik siswa secara lembut akan bisa menumbuhkan karakter siswa menjadi lebih baik.

“Jika pendekatan seperti ini terus kita lakukan sebagai seorang guru, maka siswa akan terbuka dan karakter mereka akan terbentuk dengan baik,” kata Hendra.

Meski demikian, sikap tegas seorang guru juga harus seiring dengan sikap lembut saat mengajar atau membina siswa di sekolah.

“Di saat yang harus kita tegas, maka harus tegas. Semua demi kebaikan siswa. Tapi, kita jug harus dengan sikap yang lembut sehingga siswa metasa nyaman dan terbuka kepada gurunya. Sehingga dengan itu, masalah yang dialami siswa akan sangat mudah kita deteksi dan dicarikan solusinya,” jelas Hendra.

Apalagi, SMP Negeri 1 Kotamobagu merupakan salah satu sekolah yang dicanangkan sebagai sekolah ramah anak, harus benar-benar menjadikan lingkungan sekolah yang jauh dari kekerasan.

“Kita sebagai guru harus bisa menjadi orang tua yang baik dan bisa dicontoh oleh siswa saat berada di sekolah. Kita jangan membuat jarak dengan mereka namun harus menggunakan pendekatan secara emosional sebagai orang tua mereka di sekolah,” tuturnya.

“Tak hanya karakter, prestasi siswa juga sangat dipengaruhi oleh cara didik yang baik dan lembut ini,” tambahnya mengakhiri.