BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada tanggal 22 sampai 25 April 2019 mendatang, SMP Negeri 1 Kotamobagu tengah melakukan persiapan untuk kelengkapan fasilitas yang akan digunakan dalam UNBK nanti.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow Spd mengatakan, dalam pelaksanaan UNBK nanti, pihaknya akan bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Kotamobagu untuk menutupi kekurangan fasilitas komputer.

“Fasilitas komputer yang ada saat ini berjumlah 57 unit, sementara yang kita dibutuhkan sekitar 97 unit komputer termasuk cadangan. Untuk itu, kami saling bekerjasama untuk menutupi kekurangan ini,” kata Hendra.

Lanjut Hendra, sebanyak 257 peserta yang akan mengikuti UNBK di SMP Negeri 1 Kotamobagu.

“Pelaksanaannya dibagi dua sesi dengan menggunakan tiga ruangan. Dalam satu ruangan kita sediakan 32 unit komputer dan dua cadangan,” ujarnya.

Dikatakannya pula, untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik, seluruh sekolah disarankan menyediakan genset.

“Untuk mengantisipasi listrik padam, kami juga sudah bekerjasama dengan pihak di Kantor Kecamatan Kotamobagu Timur untuk peminjaman genset, karena kapasitasnya cukup besar,” ucapnya.

Ditambahkan, jika tidak ada perubahan jadwal, direncanakan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara akan membuka pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Kotamobagu.

“Insha allah jadwal tidak berubah, ibu Wali Kota yang akan membuka langsung pelaksanaan UNBK,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu, Rukmi Simbala mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan secara mandiri kebutuhan selama pelaksanaan UNBK April mendatang, termasuk kerjasama dengan pihak PLN dalam menjaga pasokan listrik.

“Sebelum UNBK dari pihak Dinas Pendidikan juga akan menyurat ke PLN,” ujar Rukmi.