KOTAMOBAGU – Ada banyak ide kreatif bisnis yang muncul di masa pandemi Covid-19, ide kreatif usaha ini ada yang muncul untuk mengatasi keterbatasan ruang gerak masyarakat selama Covid-19 dan penghimpitan ekonomi, dan berhasil menjadikan usaha ini menjadi alternatif sumber penghasilan selama masa pandemi.

Hal ini serupa dengan yang dilakukan Salihan Mamonto, Warga Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat ini, mencoba membuat kerajian tangan yang berbahan dasar bambu dan rotan, yang dikenal dengan Kerodong dan Petarangan ayam.

Laki-laki usia 54 tahun tersebut menjelaskan bahwa Kerodong dan Petarangan dalam bahasa mongondow yakni Kodapa dan Kurung.

“Jadi di jadikan sebagai tempat bertelur ayam dan tempat penutup ayam agar tidak berkelahi.” kata Salihan

Lanjutnya, Salihan juga mengatakan awalnya membuat kodapa dan kurung ini untuk kebutuhan ayam-ayamnya.

“Saya hanya membuat satu atau dua untuk ayam-ayam karena sering saling beradu,tapi banyak yang berminat dan akhirnya memutuskan untuk mebuat untuk di jual, bertepatan juga dengan Covid-19 yang mengharuskan di Rumah saat waktu libur,” terangnya

Diakuinya usaha dari hasil tanganya ini baru berjalan 6 Bulan tepatnya sejak Juni 2020 sampai saat ini. Kodapa dan kurung ini bermacam-macam harga mulai dari Rp50 ribu sampai Rp85 ribu, untuk yang berminat bisa langsung menghubungi nomor telepon 089695090020.