Foto : Facebook/Jamal Rahman Iroth

BOLMONG TIMUR Gagasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong minat literasi di Indonesia melalui Gerakan Literasi Nasional (GLN), didukung oleh Rumah Sastra Boltim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan menggelar kegiatan membaca massal denga tajuk Mo Baca Mo Sanang (Membaca menyenangkan).

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Buyat Satu, Kecamatan Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, rencananya digelar selama dua hari pada hari Sabtu (18/11) dan Minggu (19/11).

“Menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat menjadi niat utama kami pada kegiatan ini,” ujar pengelola Rumah Sastra Boltim, Jamal Rahman Iroth.

Meski sederhana, kegiatan ini sangat menarik kata Jamal. Pengunjung dipersilakan memilih sendiri buku yang ingin dibaca dari ribuan judul buku yang disediakan Perpustakaan Daerah. Untuk mengisi perut kosong, pengunjung tak perlu khawatir, ditempat ini telah tersedia aneka jajanan kuliner yang ada di stand bazaar.

“Semoga momentum ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga bolaang mongondow timur,” harap Penyair, Musisi serta Fotografer ini.

Kegiatan membaca massal

Ia menambahkan, selain membaca massal, Rumah Sastra Boltim juga menggelar bazaar dan workshop. Pengunjung juga diperkenankan menampilkan karyanya ditempat ini.

“Disini kami juga menampilkan kerajinan tangan warga. Workshop untuk teknik dasar fotografi, teknik baca tulis puisi dan lain-lain. Kami juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin menampilkan karyanya,” terangnya.

Pada kegiatan ini, Rumah Sastra Boltim juga menghadirkan expert dari berbagai bidang untuk membagi ilmu dan pengalaman mereka.

“Ilmu dan pengalaman yang dibagi semisal, Public Speaking, Jurnalistik, bahkan sharing Managemen Perjalanan Pendakian/Ekspedisi Hutan menghadirkan Raya Gusti Arsyad Al-Banjari, Pendaki Gunung asal Sulut yang terlibat dalam Ekspedisi 28 Gunung di Indonesia pada 28 Oktober lalu,” tutup Jamal.

Saatnya Pemerintah Memperhatikan Stadion Gelora Ambang

(Video) Tarian Cuci Tangan Ala Dinkes Kotamobagu Hebohkan Tamu dan Undangan