BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Sebanyak 150 tenaga kerja konstruksi Kotamobagu, mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi yang digelar oleh Pemerintah Kotamobagu di Aula Kantor Walikota Kotamobagu, Senin (10/8/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, dan dihadiri sejumlah pimpinan SKPD.

Dalam sambutannya, Nayodo mengungkapkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan itu adalah dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi jasa konstruksi serta untuk menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat, sehingga mampu mewujudkan harapan besar di masa mendatang yaitu meningkatnya mutu hasil pembangunan infrastruktur dan menciptakan calon petugas TKK terampil dan berkompeten.

“Sehingga dapat mencetak tenaga- tenaga konstruksi yang lebih baik,” kata Nayodo.

Lanjutnya, sebagai amanah dari Undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang jasa konstruksi serta surat edaran Direktur Jenderal Bina konstruksi nomor 107 tahun 2020 tentang pedoman pembinaan kompetensi tenaga kerja konstruksi tentang kepemilikan akan keterampilan bagi para tenaga kerja konstruksi.

“Uji Kompetensi ini sangat menentukan kwalitas dari pelaksanaan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan. Disisi lain, sertifikasi sebagai standarisasi kompetensi bagi tenaga kerja konstruksi ini juga diharapkan akan dapat lebih mempermudah bagi tenaga kerja konstruksi untuk mendapatkan pekerjaan dengan upah yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja,” ujarnya.