KOTAMOBAGU – Sikap tegas Pemerintah Kotamobagu dalam menindaki kendaraan yang diparkir sembarangan bukan isapan jempol belaka.

Baru-baru ini, sejumlah kendaraan roda empat dan dua terpaksa digembosi oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) karena kedapatan diparkir di tempat yang mengganggu lalu lintas.

Kepala Dishub memalui Kepala Bidang Wasdalops Atmawijaya Damopolii mengungkapkan, ada sejumlah titik yang menjadi sasaran Dishub dalam melakukan penindakan tersebut salah satunya di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kotamobagu.

“Disitu paling rawan terjadi parkir liar dan terminal bayangan, sehingga titik yang sering terjadi penindakan dan terus dipantau oleh tim Dishub Kotamobagu,” ungkap Awi, sapaan akrabnya.

Menurutnya, penindakan tersebut berdasarkan Perda nomo 5 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Lalulintas dan angkutan jalan.

“Operasi dan penindakan ini akan dijadikan operasi rutin sebagai tindak-lanjut dari forum Lalulintas Kotamobagu agar tidak ada lagi kendaraan yang melakukan parkir liar,” ujar dia

Ia menghimbau agar masyarakat khususnya pengguna jalan mematuhi rambu Lalulintas baik dilarang melintas dan dilarang parkir. Ini semua tentunya demi kenyamanan, keselamatan dan ketertiban berlalu-lintas di Kotamobagu.

“Kami menghimbau mulai saat ini agar para pelaku Lalulintas di Kotamobagu tertib berlalu-lintas dengan tidak memarkir kendaraan bukan pada tempatnya dan bagi para kendaraan umum (Mikrolet) agar tidak menaikan dan menurunkan penumpang selain terminal demi kelancaran dan kenyamanan berlalu-lintas di Kotamobagu,” imbuhnya