BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu, mulai melaksanakan tahapan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Rabu (19/2/2020).

Tahapan ini dimulai dari tingkat sekolah, SMA sederajat se-Kotamobagu.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi kali ini digelar di 4 Kecamatan.

Pantauan Portalmongondow.com, seleksi perdana ditempatkan di Lapangan Olahraga Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan, yang diikuti oleh siswa MAN Kotamobagu.

“Sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi. Hari ini, tahapan seleksi dimulai. Alasan seleksi ini digelar di desa atau kelurahan mewakili tiap kecamatan, agar masyarakat bisa melihat langsung seperti apa tahapan seleksinya,” ujar Kepala Dispora Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi.

“Semoga dengan cara dan terobosan ini, antusias masyarakat semakin tinggi, khususnya para siswa untuk dapat mengikuti seleksi pada tahun-tahun berikutnya,” sambung mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan.

Ia mengungkapkan, tahun 2020 antusias siswa lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun ini ada 364 siswa yang ikut seleksi, sementara tahun lalu hanya 274 siswa. Ada beberapa sekolah yang mengutus siswa dengan jumlah banyak, di antaranya, MAN, SMKN 1, SMK Cokroaminoto, SMAN 2, SMAN 1 Kotamobagu,” ujarnya.

Peserta yang mengikuti seleksi di tingkat sekolah lanjut Anas, akan bersaing kembali di tingkat Kotamobagu.

“Di tingkat sekolah kami menyaring calon Paskibraka yang memenuhi kriteria seperti baris berbaris, fisik dan disiplin. Jika sudah ke tahapan tingkat Kotamobagu, maka akan lebih banyak kriteria yang menjadi syarat, seperti wawancara, tes tertulis, mental disiplin dan tinggi badan,” kata Anas.