BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Dari tangan siswa dan kreativitas guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Kotamobagu, sekolah yang berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2018 silam ini berhasil menyulap sampah plastik menjadi souvenir menarik.

Hasil dari sampa plastik yang didaur ulang menjadi souvenir tersebut, dibagikan para siswa kepada masyarakat yang dilitasi mereka saat menggelar kegiatan jalan sehat pada momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

“Souvenir ini dibuat para siswa sejak kemarin. Dimana, bahan dasarnya berasal dari sampah, yang dibersihkan dan dijadikan souvenir untuk dibagikan ke masyarakat, serta mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan terus menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Kepala Sekolah SDN 2 Kotamobagu, Sultje Kamasaan, Jumat (21/2/2020).

Dalam kegiatan jalan sehat itu kata Sultje, para siswa juga memungut sampah yang ada di jalan, untuk kemudian di daur ulang kembali oleh mereka, agar bisa dipergunakan menjadi barang-barang hiasan yang bisa dimanfaatkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Bambang Ginoga mengatakan, apa yang dilakukan para siswa tersebut, merupakan sebuah hal positif, yang dapat dijadikan contoh.

“Hal ini sebagai sebuah langkah konkret untuk melestarikan lingkungan hidup,” singkatnya.