KOTAMOBAGU- Sebagai Kota yang menerapkan sistem Smart City dalam proses pelayanan publik, Kotamobagu terus merancang berbagai aplikasi berbasis teknologi dalam memudahkan masyarakatnya mendapatkan pelayanan secara prima.

Salah satunya pelayanan kesehatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Dinas Kominfo, merancang aplikasi SiPepen Sehat (Aplikasi Pendaftaran dan Pelayanan Kesehatan) berbasis SMS Gateway.

Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa dengan mudah melakukan pendaftaran untuk memperoleh pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas di Kotamobagu.

Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar mengatakan, aplikasi ini masih terus dikembangkan. Rencananya, akan diterapkan di Lima Puskesmas.

“Alhamdulillah lewat aplikasi ini bisa membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah. Masyarakat yang menggunakan SiPepen Sehat, tidak perlu antri lagi, namun sudah bisa mendaftar dari rumah sebelum ke Pliklinik,” ujar Yani, Rabu (19/06/2019).

Plt Kepala Dinkes ini pun menambahkan, SiPepen Sehat hanya dikhususkan di Puskesmas.

“Di Sulut baru Kotamobagu yang sudah mengembangkan sistem pelayanan ini. Untuk awal ini, baru di Puskesmas Gogagoman yang sudah menerapkan sejak Januari lalu. Nah, dalam waktu dekat ini, akan dikembangkan di seluruh Puskesmas,” pungkasnya.