KOTAMOBAGU– Peserta Karnaval Budaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, berhasil meraih juara II pada penyelenggaraan Festival Pesona Bunaken 2019 yang di adakan Pemerintah Provinsi Sulut.

Deketahui, selain Kota Kotamobagu lomba Karnaval Budaya ini diikuti juga oleh 14 Kab/Kota se-Sulawesi Utara, dimana tiga besar lainnya berhasil di raih oleh Peserta Karnaval Budaya dari Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada posisi pertama dan Kabupaten Sangihe pada posisi ketiga serta Manado sebagai juara harapan satu.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Moh Agung Adati Rabu (17/07/2019), Pemkot Kotamobagu merasa bangga karena peserta karnaval bisa mendapatkan juara II. Pada Tahun 2017 melalui kegiatan yang sama, KK berhasil menempati posisi ke II pada lomba atraksi seni dan budaya daerah.

“Alhamdulilah karena dari peserta karnaval Kabupaten Kota Se-Sulut Kota Kotamobagu, boleh meraih juara 2 pada Festival Pesona Bunaken Tahun 2019. Pada Tahun 2017 melalui Iven yang sama KK berhasil menjadi runner-up pada lomba atraksi Seni dan Budaya. Bahkan pada Tahun 2016, salah satu Nanu Kotamobagu An. Brenda Tumbelaka (Nanu Kotamobagu 2015) berhasil mendapatkan gelar Putri Bunaken 2016,“ kata Agung.

Lanjutnya, capaian ini tentu tidak lepas dari peran Tim Karnaval yang mampu memberi penyajian terbaiknya. Kendatipun persiapannya hanya 2 hari, tapi mereka mampu menunjukan performa terbaiknya.

“Kita menampilkan prosesi Adat Mogama, yang dipadukan dengan Tari Kabela dan Tari Tuitan. Selain itu kami juga meramu atraksi tarian dengan menampilkan Pakaian Kabela dan Pakaian Kopi, yang menjadi icon Kota Kotamobagu. Kedua pakaian ini banyak menarik minat wisatawan asing sehingga banyak yang meminta untuk berfoto bersama,” ungkap Agung.

Diketahui juga pada acara pembukaan Festival turut dihadiri oleh Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, SH bersama dengan Ketua Dekranasda Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, yang juga adalah istri Wakil Walikota Kotamobagu.

“Kehadiran Wakil Walikota bersama Ketua Dekranasda KK pada kegiatan ini, menjadi motivasi tersendiri bagi Tim Karnaval Pemkot KK, sehingga boleh masuk nominasi tiga besar,” tutup Agung.