BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Sebagai bentuk rasa Cinta Tanah Air, SMP Negeri 1 Kotamobagu menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019.

Upacara yang diikuti oleh guru dan seluruh siswa SMP Negeri 1 Kotamobagu ini, dipimpin langsung Kepala Sekolah Hendra Mokoagow, S.Pd.

Pengibaran bendera yang dilakukan oleh anggota Osis tersebut berjalan lancar dan sukses.

Ketua Osis SMP Negeri 1 Kotamobagu, Aulia Azzahra Jamaluddin mengaku, persiapan pelaksanaan pengibaran bendera di matangkan sejak sepekan terakhir.

“Alhamdulillah, pelaksanaan upacara hingga pengibaran bendera merah putih berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Ini berkat kerjasama anggota Osis dan dukungan dari Bapak Kepala Sekolah dan guru-guru hingga teman-teman siswa di SMP Negeri 1 Kotamobagu,” ujar Aulia.

Sementara itu, Kepala SMP N 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, S.Pd mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda di sekolahnya merupakan bukti kecintaan terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Ini merupakan bukti otentik kelahiran Bangsa Indonesia pada 28 Oktober 2019. Oleh sebab itu, seluruh rakyat Indonesia seharusnya mengingat dan memperingati kejadian tersebut 28 Oktober sebagai Hari kelahiran Bangsa Indonesia,” kata Hendra.

Lanjutnya, sebagai generasi penerus, siswanya harus memahami pentingnya Hari Sumpah Pemuda.

“Ini juga adalah sebuah hasil perjuangan rakyat Indonesia selama ratusan tahun, mereka tertindas dan menderita dibawah kekuasaan bangsa kolonial pada masa itu, keadaan seperti itulah yang mendorong semangat para pemuda menjunjung tinggi nilai harkat dan martabat rakyat Indonesia. Sehingga itu, siswa di SMP Negeri 1 Kotamobagu, kita ajarkan tentang arti Sumpah Pemuda sebagai perjuangan pemuda terhadap kemerdekaan Negara kita tercinta ini,” tuturnya.

Para siswa pun lanjutnya, harus memahami tanggal 28 Oktober adalah salah satu hari bersejarah untuk bangsa Indonesia khususnya para pemuda dan pemudi di tanah air.

“Pemuda dan Pemudi telah berikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu yaitu tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Itulah tujuan memberikan semangat sumpah pemuda dan menghargai satu kesatuan
bangsa Indonesia, dan semangat pemuda-pemudi Indonesia, khususnya pelajar SMP Negeri 1 Kotamobagu, semangat melangkah lebih baik meniti masa depan,” imbuhnya.

Selain itu Kepala Sekolah juga memberikan apresiasi kepada pengurus Osis yang dengan semangat mensukseskan upacara Hari Sumpah Pemuda.

“Siswa juga perlu diberikan motivasi sebagai pemuda generasi penerus bangsa agar tetap semangat belajar dan menjaga semangat nasionalisme untuk terus berprestasi demi sekolah, keluarga, bangsa dan negara.Selamat Hari Sumpah Pemuda dan hidup Indonesia,” tandasnya.