BAGIKAN

KOTAMOBAGU – DED (Detail Engineering Design) atau perencanaan pembangunan Stadion Gelora Ambang akan kembali dianggarkan pada APBD tahun 2021. Pasalnya, anggaran DED yang sudah tertata sekira Rp750 juta pada tahun ini dialihkan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Marham Anas Tungkagi melalui Kepala Bidang Keolahragaan, Hendra Mokoagow, untuk DED Stadion Gelora Ambang tahun 2021 masuk pada tahap penyusunan dokumen lelang, termasuk didalamnya akan memuat Kerangka Acuan Kerja (KAK) bagi konsultan perencana.

“Anggaran DED pembangunan stadion Gelora Ambang akan kembali diusulkan di APBD tahun depan, termasuk ada ketambahan satu usulan yakni Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL),” kata Hendra.

Perencanaan pembangunan stadion dengan luas lahan 13,5 hektare itu, lanjut Hendra, akan dimaksimalkan termasuk seluruh fasilitas olahraga akan dibangun di Gelora Ambang.

“Jadi dalam rencana pembangunannya nanti, sarana dan prasarana seluruh cabang olahraga akan diadakan. Dukungan semua stakeholder mulai dari perencanaan sampai pada tahapan pembangunannya nanti juga sangat diharapkan demi kemajuan seluruh cabang olahraga di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Selain itu, sirkuit balap motor juga salah satu yang akan masuk pada design Gelora Ambang.

“Rencana pembangunan sirkuit balap motor ini juga masuk dalam DED. Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kotamobagu terhadap semua cabang olahraga,” pungkasnya.