KOTAMOBAGU – Tahapan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 9 Desa di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Timur terus berproses.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu, Muliadi Mondo menuturkan, sampai dengan saat ini tahapan pemilihan anggota BPD di 9 Desa sudah memasuki tahapan verifikasi berkas pendaftaran.

“Batas penelitian dokumen pendaftaran bakal calon anggota BPD itu besok tanggal 20 November 2020,” kata Muliadi Mondo, Kamis (19/11/2020).

Menurutnya, usai penelitian berkas bagi seluruh bakal calon anggota BPD di 9 Desa, tahapan berikutnya adalah penetapan calon anggota BPD. Dimana, dalam penetapan kuota calon anggota BPD nanti tetap mengacu pada jumlah penduduk di masing-masing Desa, keterwakilan wilayah/Dusun dan keterwakilan perempuan.

“Dibawah 1000 jiwa itu kuotanya 5 kursi, 1001 keatas sampai 2000 kuotanya 7 kursi dan 2000 keatas kuotanya 9 kursi,” jelas Muliadi.

Ia berharap, tahapan pemilihan anggota BPD berjalan lancar sampai pada hari pemilihan nanti.

“Kita berharap paling tidak semua persyaratan yang tercantum disurat edaran harus dipenuhi,” pungkasnya.

Tambahan informasi, 9 Desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD di 2 kecamatan yakni Kecamatan Kotamobagu Utara Desa Pontodon Timur, Pontodon Induk, Bilalang 1, Bilalang 2 dan Desa Sia’. Sementara untuk Kecamatan Kotamobagu Timur Desa Moyag Todulan, Moyag Tampoan, Moyag Induk dan Desa Kobo Kecil.