BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Cina menggungkapkan obat Avigan yang dikembangkan Jepang bekerja melawan corona virus.

Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi semua negara, dan memberikan harapan sembuh bagi para pasien positif Covid-19.

Dilansir dari laman Asia.nikkei.com, informasi menggunakan bahasa inggris itu, pemerintah China mengatakan, obat yang dikembangkan oleh anggota kelompok Fujifilm Holdings, efektif melawan virus corona.

Pemerintah sudah mulai merekomendasikan penggunaan obat secara resmi. Fujifilm Toyama Chemical mengembangkan favipiravir, dijual dengan merek Avigan.

“Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam pengobatan,” kata Zhang Xinmin, direktur Pusat Nasional China untuk Pengembangan Bioteknologi, dalam konferensi persnya.

Fujifilm Toyama Chemical mengembangkan obat ini pada tahun 2014, dan telah diberikan kepada pasien di Jepang sebagai pengobatan untuk virus corona baru sejak Februari.

Pada hari Rabu, saham Fujifilm Jepang dibuka pada batas hariannya. Pada 5.238, mereka 15% lebih tinggi dari penutupan hari sebelumnya di Tokyo. Zhejiang Hisun Pharmaceutical menandatangani perjanjian lisensi paten untuk favipiravir dengan Fujifilm pada 2016.

Pembuat obat menerima izin untuk memproduksi obat dari otoritas Cina pada Februari dan dapat meningkatkan produksi versi generik. Uji klinis dilakukan di rumah sakit di Wuhan dan Shenzhen, dengan 200 pasien berpartisipasi.

Hasil tes untuk mereka yang menerima obat berubah negatif dalam periode yang lebih pendek, dan gejala pneumonia mereka meningkat pada tingkat yang lebih tinggi.