BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kerjasama TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Restoran Lembah Bening Kotamobagu, Selasa (13/8/2019), turut dihadiri, Sekretaris Bapenda Provinsi Sulut, Ketua TP-PKK Provinsi Sulut, Ketua serta Pengurus dan Anggota TP-PKK Kotamobagu dan para tamu undangan.

Loading...

Dalam sambutan Wakil Wali Kota mengatakan, diera pemerintahan sekarang betapa pentingnya TP-PKK dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ada sebuah inovasi yang sungguh luar biasa dari pemerintah yaitu melibatkan TP-PKK berpartisipasi aktif dalam proses sosialisasi sadar pajak. Diberikan peran yang sungguh luar biasa karena pemerintah sangat berkeyakinan TP-PKK mampu berempati dengan masyarakat.

“Jika memang pemerintah begitu percaya kepada PKK tidak menutup kemungkinan, diakhir sosialisasi ini akan lahir beberapa rekomendasi untuk diteruskan kepada pemerintah dan institusi-institusi yang berkaitan dengan pendapatan daerah itu sendiri,” kata Nayodo.

Lanjut Wakil Wali Kota, di era sekarang ini salah satu indikator utama yang digunakan untuk dapat mengukur kemampuan suatu daerah dalam melanjutkan otonomisasi adalah adanya tingkat kemampuan daerah dalam hal penyediaan pembiayaan agar pemerintah daerah dapat melaksanakan fungsinya secara lebih efektif, lebih efisien khususnya dalam bidang pemerintahan serta dalam rangka pelayanan umum kepada seluruh masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah ini juga menjadi hal yang sangat penting.

“Oleh karena itu, pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah tentunya sangat penting sehingga harus mendapatkan perhatian yang serius dari kita semua, mengingat pendapatan dari sektor pajak tersebut juga merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah daerah,” ujar Nayodo.