BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Sejak Mei hingga Juni 2019, seluruh wilayah Kotamobagu dilanda hujan. Selain menyiapkan payung atau jas hujan serta baju tebal, pastikan juga tubuh tetap fit.

Faktanya, ada beberapa penyakit yang mudah menyerang seseorang saat musim hujan. Apalagi sistem imun yang menurun, sangat berpengaruh terhadap masuknya virus penyebab penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Devie CH Lala, mengungkapkan beberapa penyakit yang sering menyerang saat musim hujan adalah diare, infeksi kulit, serta flu dan Infeksi saluran napas atas (ISPA).

“Jika musim hujan, biasanya menimbulkan banyak genangan air. Sampah jadi berserakan sehingga menimbulkan diare dan infeksi kulit. Kondisi hujan juga membuat banyak orang malas beraktivitas di luar ruangan, cenderung berkumpul dalam ruangan sehingga memudahkan penularan flu,” ujar Devie, Senin (17/6/2019).

Dengan begitu Devie mengimbau agar masyarakat dapat lebih menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

“Makanan bergizi dan berserat juga penting menjaga tubuh tetap prima meski di musim penghujan. Kebersihan juga harus diperhatikan, karena banyak kasus DBD yang terjadi karena pengaruh genangan air dan sampah yang berserakan,” imbau Devie sambil menjelaskan.

Untuk menghindari penyakit DBD kata Devie, langkah yang harus dilakukan adalah dengan 3M Plus, yang sangat efektif untuk pencegahan DBD.