KOTAMOBAGU- Flu menjadi penyakit yang kerap diderita orang ketika musim hukan. Orang dewasa pada umumnya mengalami sakit flu dua hingga tiga kali. Tapi virus penyebab flu juga bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak.

Walau begitu, sebenarnya penyakit flu bukanlah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Selain melakukan vaksin tiap tahun dan mencuci tangan, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, berbagi tips untuk mencegah flu terjadi.

“Beberapa langkah bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu kala musim hujan tiba, misalnya, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, mengkonsumsi makanan yang berserat, dan juga minum air putih, minimal delapan gelar setiap hari,” ujar Yani.

Penyakit flu kata Yani, sangat mudah menyerang saat metabolisme tubuh menurun. Apalagi bagi para pekerja kantoran maupun lapangan yang kadang tidak memperhatikan asupan makanan bergizi yang cukup.

“Selain makanan dan minuman yang sehat, olah raga juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dan prima meski di musim penghujan tiba,” sarannya.