BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Pisang merupakan jenis tumbuhan yang bisa kita temui dengan mudah di hampir seluruh pulau Indonesia termasuk di wilayah Kotamobagu.

Buah pisang ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh saat dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis dan enak.

Buah pisang ini memiliki banyak jenis. Selain bisa dimakan secara langsung, bisa juga diolah seperti dijadikan keripik yang gurih dan renyah.

Cara membuat keripik pisang ini juga sangat sederhana dan dapat dikerjakan oleh siapapun.

Keripik pisang ini jug bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menguntungkan sebagai kuliner cemilan yang disukai oleh setiap orang.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Yuliana Makalalag dan Yuliani Makalalag. Saudara kembar asal Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan ini, menjadikan keripik pisang sebagai bisnis kuliner rumah yang menguntungkan.

Mereka menamakan usaha mereka ini dengan sebutan Mom Twins. Hanya dengan modal yang terbilang kecil, omset yang dihasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Kami menjualnya dengan harga Rp20 ribu per toples. Alhamdulillah lumayan buat nambah-nambah kebutuhan rumah,” ujar Yuliana.

Untuk jenis pisang yang digunakan, Yuliana mengaku menggunakan pisang sepatu. Selain manis, jenis pisang ini juga terasa usai digoreng.

Ia dan saudara kembarnya pun dalam sehari bisa memproduksi 10 hingga 20 toples keripik pisang.

“Ada yang datang membeli langsung, ada juga yang memesan. Nah, untuk delivery, biayanya ada yakni Rp5 ribu hingga Rp7 ribu, sesuai jarak,” ujarnya.

Selain keripik pisang, di Mom Twins juga menyediakan aneka kuliner gorengan. Diantaranya, tahu isi, tempa goreng dan pisang goreng.

“Kalau pisang goreng dan tahu isi biasanya tersedia pada sore hari hingga malam,” katanya.

Meski sudah banyak yang tahu tentang bisnis milik ibu kembar ini, namun mereka tetap melakukan promosi melalui media sosial.

“Pokoknya kalau udah di promosi lewat Facebook dan Whatsapp, jualan langsung ludes terjual,” pungkasnya.