KOTAMOBAGU — Untuk meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus mendatangi masyarakat dengan mobil perpustakaan keliling.

Seperti dikatakan Sekretaris Dinas Kearsiapn dan Perpustakaan Kota Kotamobagu, Reny J Gerungan, bahwa mobil perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum yang mendatangi atau mengunjungi pembacanya.

“Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum,” ujarnya.

Dengan mobil perpustakaan keliling ini kata Reny, dapat meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke tempat-tempat yang belum memungkinkan adanya perpustakaan permanen.

“Walaupun hanya satu unit, mobil perpustakaan keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu setiap harinya terus berkeliling memberikan layanan baca ke sekolah-sekolah, tempat-tempat keramaian seperti taman kota, terminal, lapangan molinow, dan tempat umum lainnya yang ada di empat Kecamatan se Kotamobagu,” sebutnya.

Dirinya berharap dengn mobil perpustakaan keliling ini, minat baca masyarakat Kota Kotamobagu terutama generasi mudah akan semakin bertumbuh.