KOTAMOBAGU- Setiap menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus, instansi pemerintah, swasta, perguruan tinggi hingga sekolah, sering menggelar perlombaan untuk memeriahkan hari Proklamasi kemerdekaan ini.

Salah satunya di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Kotamobagu. Di sekolah ini, banyak perlombaan digelar menjelang hari Proklamasi.

Pantuan Portalmongondow.com, Rabu (14/08/2019), para siswa terlihat antusias mengikuti sejumlah kegiatan seperti lomba tarik tambang, lomba tari, lomba bintang vokalia, lomba baris berbaris, lomba puisi, fashion show, hingga lomba kebersihan kelas.

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, S.Pd melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, F A Hamzah, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak Selasa kemarin.

“Kegiatan ini diikuti oleh setiap kelas. Antusisnya sangat besar dan para siswa pun bersemangat ikut dalam perlombaan. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah dari sekolah. Tak hanya siswa, guru pun ikut dalam perlombaan, sehingga terjalin kekompakan antara guru dan siswa,” ujarnya.

Selain membentuk karakter siswa untuk bisa bekerja sama, dan aktif, melalui kegiatan itu juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Kami mengajak para siswa agar berjiwa nasionalis serta cinta tanah air Indonesia. Juga, merefleksi perjuangan para pahlawan untjk memerdekakan bangsa kita ini,” ucapnya.