BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Sebanyak 12 peserta kafilah utusan masing-masing kecamatan yang telah menjadi pemenang tingkat kecamatan, diadu kembali untuk mendapatkan yang terbaik dalam lomba Tahfiz Quran Tingkat Remaja se-Kotamobagu, yang digelar di Mesjid Agung Baitul Makmur, Minggu (08/12/2019) kemarin.

Ada enam orang yang menjadi dewan hakim terlibat langsung dalam penilaian lomba kali ini. Diketuai KH Sahran Noor Gonibala Lc, yang juga imam besar Mesjid Agung Baitul Makmur, dewan juri ini beranggotakan antara lain al hafiz Ust Chendra Makalalag, dan Qoriah Nasional Hj Suwarni Ayyub Lobud.

Walikota Kotamobagu yang diwakili Assisten 3 setda Kotamobagu, Hi Adnan Massenae, saat membuka acara mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan pemkot yang digelar mulai tingkat kelurahan/desa, hingga tingkat kecamatan dan kota, sekaligus menjadi pengukur keberhasilan para guru ngaji di tiap TPA yang ada.

“Jangan lihat pada hadiah semata, namun bagaimana ini bisa menjadi awal yang baik bagi kita dalam menumbuhkan kecintaan generasi muda khususnya para remaja untuk mengamalkan Al Quran,” harap Adnan.

Kabag Kesra Adin Mantali selaku panitia mengharapkan, kesemua pemenang nantinya bisa mewakili Kota Kotamobagu pada MTQ Tingkat Provinsi dan MTQ Tingkat Nasional di 2020 mendatang.

Sementara itu, Ketua Baznas Kotamobagu, Jainudin SP mengatakan Baznas KK akan terus mendorong tumbuh kembangnya rumah tahfiz di KK. “Dari sinilah akan lahir para hafiz-hafizah yang akan menjaga kelestarian Al Quran, dan mengundang keberkahan bagi daerah ini,” ujarnya.

Mulai 2019 ini Baznas KK juga telah menyalurkan bantuan ke beberapa rumah fahfiz, al. Ponpes Tahfis Al Mukhlasin Gogagoman, dan Ponpes Al Hasanain Kobo Kecil. “Bantuan tersebut berupa bantuan fasilitas belajar maupun kafalah bulanan untuk konsumsi para santri,” ungkapnya.

Keluar sebagai pemenang juara I Ahmad Faza dari Kotamobagu Utara, Juara II M Pasha Makalalag Kotamobagu Timur, dan juara III Marlina Balqis Manoppo Kotamobagu Barat.

Berikut nama-nama pemenang Lomba Tahfiz Tingkat Remaja se-Kota Kotamobagu Tahun 2019.

Juara I. Ahmad Faza Tontoigon (TN 95,3) Kotamobagu Utara

Juara II. Moh. Pasha Makalalag (TN 88,15) Kotamobagu Timur

Juara III. Marlina Balqis Manoppo (TN 84,65) Kotamobagu Barat

Juara Harapan
Juara Harapan 1. Vivilia Mokoagow (TN 83,8) Kotamobagu Selatan

Juara Harapan 2. Herlina (TN 82,5) Kotamobagu Barat

Juara Harapan 3. Mohamad Fahri Jumaat (TN 81,65) Kotamobagu Selatan.

Sumber: FaktaBMR