Ilustrasi

KOTAMOBAGU – Di musim kemarau, potensi terjadinya kebakaran biasanya meningkat dibandingkan dengan musim penghujan.

Di Kota Kotamobagu menurut data dari Dinas Satuan Polisi Pamung Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) terdapat lima titik dalam kategori wilayah rawan kebakaran seperti di Kelurahan Gogagoman, Kelurahan Kotobangon, Kelurahan Mogolaing, Perumahan Pobundayan dan Perumahan Biga.

Menurut, Kepala Bidang (Kabid) Damkar, Erwin Sugeha, kategori kerawanan kebakaran, dilihat dari beberapa faktor salah satunya adalah kepadatan penduduk dan kepadatan bangunan.

Terkait dengan itu Sugeha menghimbau kepada masyarakat Kota Kotamobagu agar tetap waspada akan potensi terjadinya bencana kebakaran di musim kemarau ini.

“Pastikan saat keluar rumah semua peralatan listrik dan konfor gas dalam keadaan off atau (mati), kemudian jangan sembarang membakar rumput,” ujar Sugeha.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan kegiatan berbahaya, seperti membuang puntung rokok sembarangan.

“Janganlah membuang puntung rokok sembarangan apa lagi ketempat sampah atau rumput yang kering, karena itu akan cepat sekali terjadinya kebakaran,” katanya.

Ditambahkannya, jika terjadi kebakaran segera melaporkan ke pihak Damkar, sehingga petugas pemadam kebakaran akan segera melaksanakan tugasnya.

“Apabila terjadi kebakaran segera menghubungi line telpon posko Damkar (0434) 25111,” imbaunya.