Hendra Mokoagow S.Pd (Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu)

KOTAMOBAGU- Selain dapat menyalurkan bakat minat, ekskul di sekolah juga harus mampu memberikan life skill (kecakapan hidup) kepada siswa setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi tidak semua lulusan sekolah dapat meneruskan pendidikannya.

Artinya, apabila tidak meneruskan sekolahnya dengan bekal kegiatan ekskul di sekolah dapat menjadi bekal hidup setelah lulus. Diantara ekskul yang dapat menyalurkan bakat minat sekaligus memberikan life skill adalah jurnalistik.

Dalam hal penyaluran bakat minat, ternyata ketertarikan siswa dalam dunia jurnalistik sangat besar. Buktinya, di SMP Negeri 1 Kotamobagu yang menjadi satu-satunya sekolah yang membuka ekskul jurnalistik, mendapat respon positif para siswa bahkan orang tua.

Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, S.Pd mengungkapkan, ekskul jurnalistik bertujuan untuk merangsang siswa dalam berkomunikasi, menulis dan mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik.

“Sangat penting menurut saya penerapan ekskul jurnalistik ini bagi peningkatan kemampuan siswa,” kata Hendra.

Sebagai salah satu program akademik, ekskul jurnalistik di SMP Negeri 1 Kotamobagu akan bekerjasama dengan sejumlah media massa, baik cetak, elektronik hingga siber (online).

“Siswa nantinya akan dibekali dengan pelatihan yang intens, yang melibatkan media massa maupun organisasi jurnalis, sehingga mereka dapat dengan cepat memahami tatacara menulis sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujar Hendra.

“Kami berharap, ekskul ini dapat memberikan pengethauan yang baru bagi siswa serta bisa memberikan dampak positif baik di lingkungan sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.