BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi, mengatakan upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 ini akan sangat berbeda dengan peringatan di tahun-tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan yang seharusnya diikuti 45 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) kini hanya diikuti 8 peserta. Itu pun yang akan melaksanakan adalah purna Paskibraka tahun 2019,” ujar Anas. Senin (04/08/2020).

Menurutnya, upacara HUT RI tahun 2020 ini sangat sederhana karena adanya pandemi. “Upacara hanya dilakukan pagi, bukan seperti saat detik-detik proklamasi seperti yang tahun lalu,” ungkap Anas.

Saat ini 8 anggota purna Paskibraka akan memasuki tahapan pemantapan. “Rencananya akan dilaksanakan Senin pekan depan oleh PPI di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu. Memang latihannya hanya 5 sampai 7 hari karena yang digunakan purna tahun lalu. Itu sesuai surat edaran dari Pemerintah Pusat ke semua daerah se Indonesia,” jelas Anas.

Untuk itu dirinya berharap kepada 8 purna paskibraka yang akan menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti, bisa melaksanakannya sebaik-baiknya serta menjaga kesehatan hingga pelaksanaan nanti.

“Dan, bagi calon paskibraka 2020 yang belum melaksanakan tugas, harap bersabar karena ini sudah ketentuan dari Pemerintah Pusat akibat pandemi ini,” harap Anas.