BAGIKAN

KOTAMOBAGU— Masyarakat Kota Kotamobagu yang akan memasuki area pusat perkotaan, dihimbau agar tidak menggunakan kendaraan bermotor pada malam nanti, Selasa (31/12/2019).

Pasalnya terhitung pukul 21.00 wita, jajaran Dinas Perhubungan bersama Satlantas Kotamobagu, akan menutup akses ruas jalan di pusat kota jelang malam pergantian tahun.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kotamobagu Nasli Paputungan, melalui Sekretaris, Pra Sugiarto Yunus.

“Jadi sesuai hasil rapat Forum Lalu Lintas siang tadi, ada beberapa ruas jalan yang akan ditutup dan tidak bisa dilewati kendaraan, terhitung mulai pukul 21.00 wita malam nanti, di mana salah satu di antaranya adalah ruas jalan di pusat pertokoan,” ungkapnya.

Dijelaskan, penutupan ruas jalan tersebut merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas untuk mengurangi tumpukan kendaraan, yang bisa saja terjadi di titik-titik keramaian, menjelang malam pergantian tahun.

“Bagi warga yang akan mengakses kawasan yang ditutup harus dengan berjalan kaki, kami juga bersama forum lalu lintas akan menutup beberapa ruas jalan untuk untuk menanggulangi penumpukan kendaraan di titik-titik keramaian, yang dapat menyebabkan kemacetan,” terangnya.

Lanjut Sugiarto, rekayasa lalulintas berupa penutupan jalan seperi ini, biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, dimana hal itu sendiri telah dibahas dengan serius dan teliti oleh seluruh instansi yang tergabung dalam forum lalu lintas Kota Kotamobagu.

“Jadi rekayasa lalu lintas, terutama ruas jalan di area pusat Kota, tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, para pengguna jalan harus melewati pinggiran jalan,” pungkasnya.