BAGIKAN

KOTAMOBAGU —Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu melalui bidang Cipta Karya, bakal membangun 5 titik Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal dan 8 titik tangki septik yang terbagi di beberapa Desa dan Kelurahan se-Kota Kotamobagu.

“Untuk pembangunan IPAL komunal itu ada di Lima Kelurahan berbeda. Yakni, Motoboi Kecil, Mongondow, Matali, Kotobangon dan Mongkonai Barat. Sedangkan tangki septik, ada di Desa Kopandakan I, Kelurahan Pobundayan, Motoboi Besar, Motoboi Kecil, Sinindian, Mogolaing, Upai dan Genggulang,” sebut Kepala Bidang Cipta Karya, Zanti Arfa.

Ia mengungkapkan, pembangunan itu masing-masing berkapasitas 50 kepala keluarga (KK). Sedangkan tangki septik, sekitar 23 unit tangki, dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan total anggaran Rp5.676.026.200.

“Nah, untuk pelaksanaan pekerjaannya kita masih menunggu dana DAK tahap I dicairkan. Adapun pelaksana pada pengerjaan IPAL komunal dan tangki septik tersebut, akan dikerjakan oleh Kelompok Swakelola Masyarakat (KSM) yang sudah terbentuk di masing-masing desa/kelurahan,” ungkap Zanti.

Dikarenakan KSM yang langsung mengerjakan tutur Zanti, diharapkan agar segi kualitas dan kuantitas pelaksanaan pekerjaan lebih baik dan tepat waktu.

“Jika pengerjaannya telah selesai, masyarakat juga harus berperan aktif dalam menjaga sarana dan prasarana yang sudah dibangun. Kami pun berharap, seluruh pelaksanaan pekerjaan tersebut tidak mengalami kendala dilapangan, bisa tepat waktu dan mutu pekerjaan,” pungkasnya.