BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijiriah pada bulan Agustus 2019 mendatang, Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) akan melakukan pemeriksaan semua hewan kurban yang ada di pasaran di Kotamobagu.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner,  Sri Anggraini,  mengatakan pemeriksaan yang akan dilakukan awal bulan Agustus mendatang, untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat.

“Tujuannya agar hewan yang akan dikurbankan itu, bisa dipastikan layak dikonsumsi atau tidak,” katanya.

Lanjutnya, pemeriksaan fisik hewan sudah menjadi program rutin Dinas Pertanian,  meski bukan menjelang perayaan Idul Adha.

“Pemeriksaan hewan sebenarnya sudah dilakukan rutin, termasuk pengawasan serta pemeriksaan hewan yang akan dikonsumsi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kelayakan hewan sebelum disembeli untuk dikonsumsi adalah hal penting. Sebab, ada penyakit yang bisa saja diderita ternak atau hewan tanpa diketahui oleh masyarakat.

“Makanya harus diperiksa terlebih dahulu. Jangan kemudian akibat dari penyakit yang diderita hewan tersebut berdampak pada masyarakat yang mengkonsumsi,” pungkasnya.