BAGIKAN

KOTAMOBAGU— Sebagai daerah yang mengusung konsep Kota Cerdas (Smart City), Kotamobagu terus memaksimalkan membangun infrastruktur penunjang berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

Tak hanya itu, faktor penunjang seperti Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ini juga tak lepas dari perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotamobagu, Ahmad Yani Umar melalui Kepala Bidang (Kabid) Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Muh Syarif Tongkukut, mengatakan saat ini pihaknya mengirim 2 orang tenaga ahli pengelola Data Center untuk mengikuti pelatihan Pengamanan Sytem Berbasis Cloud Management.

“Untuk meningkatkan system keamanan pada infrastruktur dan system pengembangan berbasis web pada Data Center Kotamobagu, maka kita mengirim personil untuk mengikuti pelatihannya. Mereka masing-masing Tenaga Ahli Sistem Administrator, Ahmad Basofi Sudirman dan IT Network Suport, Afri Kandri Usup,” ujar Syarif.

Dikatakan, pelatihan dilaksanakan selama 2 (Dua) hari di MD Palace Tower 1 Jakarta Pusat.

“Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di Jakarta, oleh Reswara Tekhnologi Digital yang juga memfasilitasi para peserta dengan transportasi dan akomodasi selama mengikuti pelatihan ini” ujarnya.

Lebih lanjut Syarif berharap dengan ilmu yang ditempa selama pelatihan akan berdampak positif pada pelayanan komunikasi dan informasi.

“Tentu harapannya dengan selesainya pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi dan keahlian dari tenaga ahli jaringan yg bersangkutan, sehingga tingkat pelayanan di data center terutama dalam hal jaringan akan lebih maksimal lagi yang akhirnya akan berdampak positif pada tingkat pelayanan komunikasi informasi di kota kotamobagu, untuk menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik,” pungkasnya.