BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Tahukah kamu, tubuh manusia butuh aktivitas fisik agar berfungsi normal dan mencapai keseha jangka panjang yang baik. Salah satu kegiatan olah fisik paling mudah adalah bersepeda.

Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa.

Bersepeda adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda. Kegiatan ini sangat digemari masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia.

AIPDA Rusly Sjamsudin

Seperti di Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya pada umumnya. Kegiatan bersepeda mulai menjadi tren baru sebagai sarana menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, banyak masyarakat membentuk komunitas olahraga sepeda. Seperti halnya Dua orang anggota Polri ini.

AIPDA Rusly Sjamsudin, anggota Polres Bolmong dan Briptu Fharid Ointoe, anggota Polres Kotamobagu. Keduanya penggemar olahraga sepeda. Bahkan mereka tergabung dalam komunitas sepeda yang diberi nama Totabuan Gowes Comunity.

Briptu Fharid Ointoe

Saat bersua dengan Portalmongondow.com, keduanya mengungkapkan jika berolahraga sepeda dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

“Bahkan secara statistik menunjukkan turunnya masa lemak saat bersepeda nyaris sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi. Manfaatnya sangat banyak, seperti menstabilkan diabetes, mencegah risiko darah tinggi, dan mencegah risiko jantung,” ujar Rusly Sjamsudin, anggota Satlantas Polres Bolmong, yang ditugaskan sebagai Anggota Patwal Bupati Bolmong.

Senada denganya, Fharid Ointoe juga mengatakan, jika bersepeda mampu menurunkan risiko depresi, terlebih pada orang-orang yang memiliki aktifitas super sibuk.

Sejumlah anggota Kotamobagu Gowes Community, saat berolahraga sepeda

“Bersepeda saat pagi atau sore hari bisa bantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati,” kata Fharid, Polisi muda kharismatik ini.

Lanjut dia, bersepeda tidak hanya dikhususkan pada pria saja, namun wanita pun bisa melakukan olahraga tersebut.

“Semua kalangan bisa, mau muda, tua, pria, wanita, semua bisa kok. Tinggal kemauan kita sih, namun jika kita memulai dari sekarang, kita langsung akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan,” kata Fharid.

Keduanya pun mengajak masyarakat untuk berolahraga menggunakan sepeda demi menjaga kesehatan. “Mari bersepeda, dan rasakan manfaatnya,” ajak mereka.