BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu, menerima kunjungan study komparasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Kamis (16/01/2020).

Kepala DLH Kotamobagu, Bambang Ginoga mengatakan, kunjungan mereka (DPRD Pohuwato) tersebut, dalam rangka belajar pengelolaan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah di Kotamobagu.

“Mereka penasaran, kenapa Kota Kotamobagu selalu menjadi peserta pada penghargaan Piala Adipura setiap tahun. Nah, kami pun menjelaskannya secara rinci. Salah satunya adalah melaksanakan perintah Walikota terkait tugas setiap SKPD agar melakukan pemantauan pada masing-masing titik pantau kebersihan,” ujar Bambang.

Tak hanya itu saja lanjut Bambang, DLH Kotamobagu juga memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari mobil angkut sampah, armada pengangkut sampah, tukang sapu jalan, bank sampah hingga tempat pengemposan.

“Salahsatu itu menjadi indikator Adipura. Pun ibu Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, terus memberikan arahan kepada seluruh ASN di setiap SKPD untuk terus menjaga kebersihan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Pohuwato, Beni Nento, takjub dengan pengelolaan sampah di Kotamobagu. Menurutnya, apa yang mereka pelajari kali ini akan disampaikan kepada pihak DLH Puhuwato untuk diterapkan.

“Kami mengetahui bahwa di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kota Kotamobagu telah mendapatkan piagam penghargaan Adipura secara berturut-turut. Nah, maka dari itu apa yang kami pelajari kali ini Insya Allah akan ditiru dan akan di terapkan di Kabupaten Pohuwato.” tutupnya