BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Jelang Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, tanggal 11 Agustus 2019, seluruh umat Islam disunnahkan untuk berqurban. Dimana, mereka menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada seluruh umat Islam yang berhak menerima.

Terkait hal tersebut, proses penyembelihan hewan haruslah sesuai dengan syariat Islam. Baik tata cara hingga tempat yang layak untuk menyembelih hewan kurban.

Di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Pemerintah Kelurahan, memutuskan penyembelihan hewan kurban tahun ini dipusatkan di lapangan olahraga Diktra Prima.

Hal ini untuk menghindari penyembelihan hewan kurban di sembarang tempat yang dikhawatirkan tidak steril atau kurang bersih.

“Memang tempat untuk menyembelih hewan kurban haruslah di tempat yang bersih. Selain itu, berdasarkan rapat yang kita gelar beberapa waktu lalu, tahun ini pelaksanaan kurban dipusatkan di satu lokasi yakni di lapangan olahraga Kelurahan Pobundayan, sehingga nanti pada proses pendistribusiannya kepada yang berhak menerima itu tepat sasaran,” ujar Wahab Paputungan, Ketua PHBI Kelurahan Pobundayan.

Meski demikian lanjut Wahab, pelaksanaan sampai pendistribusian diserahkan sepenuhnya kepada pemilik hewan kurban.

“Berdasarkan rapat tersebut, kami menginformasikan kepada masyarakat Pobundayan baik keluarga, kelompok yang akan berkurban, untuk disatukan di lapangan olahraga. Mekanismenya diserahkan sepenuhnya kepada pemilik hewan kurban,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Pobundayan, Apri Paputungan menambahkan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sudah disepakati antara pemerintah kelurahan dan PHBI.

“Semoga proses penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban tahun ini di Kelurahan Pobundayan akan berjalan dengan baik. Sehingga seluruh masyarakat yang berhak menerima dapat menikmati hewan kurban,” harapnya.

“Selain itu, tujuan dikumpulkan di satu lokasi yakni di lapangan olahraga, agar nuansa Idul Adha di kelurahan kita terasa dan juga sebagai ajang bersilaturahmi sesama kita, tanpa melihat perbedaan,” tutupnya.