BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, menjadi salah satu desa wisata di Kotamobagu.

Selain memiliki objek wisata budaya, Kobo Kecil juga memiliki destinasi wisata alam yang dinamakan Air Terjun Molimpungan yang terbilang sangat eksotis.

Dengan adanya sektor wisata ini, Desa Kobo Kecil akan mampu memberikan sumbangsi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sementara untuk pengelolaannya melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kobo Kecil.

Meski demikian, sekor ini harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai. Ini penting dilakukan, untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke lokasi yang berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Desa Kobo Kecil dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat.

Kepala Desa Kobo Kecil, Repli Ginintu mengungkapkan, saat ini proses pembangunan sarana infrastruktur Air Terjun Molimpungan terus dilakukan.

“Saat ini kita fokus pada pembangunan tangga di lokasi air terjun menggunakan anggaran Dana Desa (Dandes) tahun 2018-2019,” ujar Repli.

Lanjutnya, realisasi pembangunan tangga dengan panjang 200 meter tersebut, sudah 30 persen.

“Tahun lalu anggarannya berkisar 200an juta, sementara tahun ini berkisar 300an juta bersumber dari Dana Desa,” katanya.

Tak hanya jembatan, pembangunan gazebo, mushola, toilet, hingga jembatan gantung di lokasi wisata akan dipercepat.

“Fasilitas semuanya kami selesaikan dulu baru kemudian akan diserahkan ke Bumdes untuk dikelola. Saat ini kendaraan roda dua sudah bisa masuk hingga lokasi air terjun, tapi kendaraan roda empat belum dikarenakan masih tahap pembangunan fasilitas berupa jalan dan lainnya,” tutup Repli.