BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Dalam upaya membangun kemandirian desa dalam hal peningkatan sektor ekonomi, infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) hingga kewirausahaan, Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) yang bertugas di tiap Kecamatan di Kotamobagu, menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa.

Kegiatan yang dibuka langsung Asisten Bidang Pemerintahan, Setda Kotamobagu, Nasrun Gilalom ini, dipusatkan di Balai Desa Kobo Kecil, Kotamobagu Selatan, Kamis (27/06/2019).

“Para peserta adalah utusan desa dari 15 desa se-Kota Kotamobagu. Masing-masing 3 orang yang terdiri dari Sangadi, unsur BPD dan Tokoh Masyarakat,” ujar Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, P3MD Kotamobagu, Dedi Martasen.

Dedi menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah, agar setiap desa punya pemahaman dan inspirasi inovasi dalam hal membangun desa.

“Tujuannya yakni bagaimana setiap desa di Kotamobagu terangsang untuk berinovasi serta memiliki pemahaman dalam hal membanguan desa, baik bidang Infrastruktur, sumber daya manusia, dan ekonomi serta kewirausahaan dari buku pembelajaran dan video kegiatan yang ditayangkan,” ujarnya.

buku pembelajaran bersumber dari kegiatan-kegiatan inovasi pembangunan yang sudah dilaksanakan di desa-desa di Indonesia. Ini agar pembangunan di desa menjadi lebih baik dan lebih maksimal pemanfaannya,” sambung Dedi menjepaskan.

Bursa Inovasi Desa ini pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Asisten Bidang Pemerintahan, Nasrun Gilalom mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu membawa hal-hal positif dalam pembangunan desa.

“Banyak hal yang bisa diperoleh di kegiatan ini, misalnya kita bisa tahu bagaimana berinovasi agar desa semakin maju dan mandiri. Harapan pemerintah, semoga lewat agenda ini, pertumbuhan ekonomi masyarakat desa bisa maksimal,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, tutur hadir dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa ini, Karyanto Martam, TA PID KPW IV Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), serta sejumlah pejabat Pemkot Kotamobagu.