BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Banyak orang yang menyukai tanaman hias, terutama wanita. Walaupun trennya saat ini tengah memudar, tetapi tetap memiliki penggemar setianya yang jumlahnya tak sedikit. Tak heran, tanaman hias dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Tanaman hias tak hanya menjadi penyaluran hobi saja, namun menjadi komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, membuka usaha tanaman hias harus dijalankan dengan benar dan melalui perhitungan yang tepat agar mendapatkan keuntungan.

Seperti yang dilakukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Inde Dou, yang terletak di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur.

KUBE ini memanfaatkan peluang itu dengan menjual berbagai jenis tanaman hias hidup.

“Melihat tren saat ini memang minat masyarakat akan bunga hias meningkat pesat. Sehingga itu, kami dari KUBE Inde Dou mencoba menjual berbagai jenis bunga hias dengan harga pastinya terjangkau,” ujar Ivone, anggota KUBE Inde Dou

Ia menyebut, bunga yang dijual memiliki kwalitas bagus dan jenis yang indah sebagai tanaman hias.

“Harganya berbeda-beda. Tergantung jenis bunga dan ukuran pot bunganya. Ada yang 50 ribu rupiah hingga 75 ribu rupiah,” ujarnya.

Lanjutnya, omzet yang dihasilkan pun cukup signifikan. Dalam sebulan, ia meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

“Alhamdulillah bisa menopang kebutuhan rumah tangga. Untuk perawatannya juga tidak memakan biaya banyak, hanya keterampilan dan ketekunan saja yang paling penting agar bunga hias yang kita jual dan kita tata menjadi bernilai rupiah,” pungkasnya.