BAGIKAN

KOTAMOBAGU – Berbagai cara dilakukan Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dalam mendorong memajukan dunia olahraga di daerahnya. Meski berbagai keterbatasan yang dialami, namun tak membuat Dinas yang dipimpin Marham Anas Tungkagi ini, pupus dalam mewujudkan hal tersebut.

Seperti yang dikatakan Kepala Bidang Olahraga, Dispora Kotamobagu, Hendra Mokoagow, Jumat (14/02/2020).

Pihaknya kata Hendra, akan bekerjasama dengan lintas SKPD, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang berkaitan dengan pemanfaatan Dana Desa (Dandes) untuk pemberdayaan dan peningkatan Cabang Olahraga di tiap Desa.

“Teknisnya, Dispora akan mendata fasilitas apa yang ada di tiap desa, kemudian akan dikoordinasikan dengan DPMD. Semoga dengan cara ini, cabang olahraga di Kotamobagu akan semakin maju,” ujarnya.

“Cabor yang akan dibina di desa itu, akan kami petakan dulu kemudian kami akan kirimkan pelatih dari Dispora untuk menggali potensi dan memaksimalkan olahraga di tiap desa dalam rangka memajukan cabor ini,” sambungnya.

Sementara itu lanjut Hendra, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu.

“Kami telah mempersiapkan surat yang sama ke Disidik agar persiapan Disdik dalam menghadapi O2SN lebih mampu bersaing dengan daerah lain, sekaligus juga bagian dari program Dispora dalam menggali potensi atlet-atlet muda berbakat yang natinya akan dibina secara berkesinambungan untuk persiapan ke turnamen-turnamen baik di tingkat daerah maupun ke nasional nanti,” jelasnya

“Kami berharap agar sekolah dapat mengangarkan kegiatan ekstrakurikuler melalui Dana Bos terutama kegiatan olahraga sekaligus dapat memetahkan cabor yang dibina oleh sekolah untuk selanjutnya Dispora akan mengirim pelatih untuk menunjang program dari sekolah. Sementara ini memang ada beberapa sekolah yg sudah melakukan program ini tentu harapan kami kiranya semua sekolah yang ada di Kotamobagu dapat melaksanakan program tersebut agar bibit-bibit atlet yang tersimpan di pelosok Kotamobagu dapat terpantau,” pungkasnya.