BAGIKAN
Ilustrasi

KOTAMOBAGU – Realisasi Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Triwulan I, dari 15 desa di Kotamobagu yang sudah masuk di rekening kas umum desa (RKUDes), sampai saat ini baru dua desa yang sudah dicairkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kotamobagu, Teddy Makalalag, mengatakan, kedua desa yang sudah dicairkan Dandes dan ADD tersebut yakni Moyag Todulan dan Poyowa Besar I.

“Namun yang sementara berproses pencairannya saat ini Desa Poyowa Kecil dan Kopandakan I, mudah-mudahan hari ini sudah masuk ke RKUDes,” kata Teddy.

Lanjutnya, desa yang belum dicairkan Dandes dan ADD baru sembilan yang sudah terevaluasi, dan masih satu desa yang belum dievaluasi sama sekali.

“Yang belum terevaluasi itu Desa Bungko. Jadi kedepan kita akan panggil kembali untuk difasilitasi bagaimana pelaksanaannya. Tapi yang jelas yang lain tinggal menunggu SK Wali Kota, sebab perbaikan sudah ulang dimasukkan. Namun kalau hanya dengan nomor, mereka sudah bisa proses kebutuhan keuangan di BPKD,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, bagi desa yang belum dievaluasi, diharapkan agar mempercepat penyusunan APBDes-nya, karena sudah memasuki bulan ke-lima 2019.

“Diharapkan agar dipercepat karena pencairan tahap satu hampir selesai. Jadi dipercepat karena gaji perangkat dan lainnya ada di tahap I itu. Kalau tahap I sudah cair seluruhnya, berikut sudah tidak lama proses ke tahap II,” pungkasnya.