BAGIKAN

KOTAMOBAGU- Berdagang daging ayam merupakan salah satu bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan. Keuntungannya pun cukup signifikan dikarenakan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat untuk dikonsumsi.

Meski demikian, beberapa pedagang daging ayam sering ditemukan melakukan berbagai macam trik untuk mengelabui konsumen.

Sepertihalnya dengan salah satu pedagang daging ayam di Pasar Serasi Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Melalui sebuah rekaman video, salh satu oknum pedagang kedapatan tengah melakukan pengisian angin menggunakan pompa manual di daging ayam. Otomatis gading ayam terlihat gemuk dan beratnya bertambah.

Caranya pun sederhana, tenggorokan ayam dimasukan angin lalu dipompa. Kemudian diikat agar anginnya tidak keluar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) melalui Sekertaris Edo Mopobela, geram atas perbuatan oknum pedagang itu.

“Ini termasuk kategori penipuan. Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak). Pun pedagang yang melakukan hal tersebut akan diberi peringatan. Apabila tidak diindahkan, maka akan diberikan tindakan sampai dengan sanksi,” tegas Edo, Senin (7/10/2019).

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, Muljadi Surotenojo mengatakan, perbuatan pedagang seperti itu sangat disesalkan.

“Jelas-jelas perbuatan itu curang dan tidak dibenarkan. Pihak kami sudah beberapa kali menegur kepada pedagang nakal seperti itu. Olehnya, kami mengimbau dan menganjurkan kepada pembeli untuk lebih teliti dalam membeli daging ayam.” pungkasnya.