talk show perpustakaan

KOTAMlbambangOBAGU – Melihat tumpukan sampah yang dikeluhkan oleh masyarakat Kotamobagu lewat Aplikasi sistem informasi keluhan masyarakat (Sikemas), langsung di respon oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu.

Kapala Dinas Lingkungan Hidup Bambang Ginoga, melalui Kepala Bidang pengolahan sampah dan pengolahan limbah B3, Toto Susanto, langsung merespon keluhan tersebut, Kamis (5/11/2020).

Toto Susanto, menyampaikan bahwa saat ini ada 24 armada DLH yang beroperasi namun ada beberapa titik yang tidak bisa dijangkau armada.

“Sampah tidak ada yang berminggu-minggu kecuali truk sampah rusak, kalaupun tidak ada yang rusak tidak juga sampai selama itu, dan juga untuk lokasi seperti yang dilorong-lorong memang tidak bisa di jangkau armada,” tuturnya.

Lanjut, Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan pihak Kelurahan/Desa untuk jadwal pengangkutan sampah. “Untuk jadwalnya satu minggu dua sampai tiga kali, mulai dari jam 18.00 sampai 05.00 sesuai kesepakatan dengan Lurah/Sangadi sekota Kotamobagu, dan juga keluhan dari masyarakat langsung di tanggapi seperti pelaporan di Sikemas langsung kami tanggapi dan periksa lapangan apakah betul atau tidak,” ujarnya

Diketahui, Sampah rumah tangga di Kota Kotamobagu perharinya mencapai 65 sampai 75 ton per harinya.