BAGIKAN
Ilustrasi

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu pada tahun anggaran 2020 mendatang akan menitik beratkan program dan kegiatan di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini sejalan dengan tema pembangunan tahun 2020 yakni Peningkatan Daya Saing melalui pendekatan data dan informasi.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta.

“Tema pembangunan tahun 2020 yakni peningkatan daya saing melalui pendekatan data dan informasi. Berbagai program peningkatan Sumber Daya Manusia masuk dalam perencanaan yang sedang digodok,” ungkap Sofyan.

Sofyan mencontohkan, pemberian program beasiswa khusus dokter ahli atau spesialis akan ditingkatkan di tahun mendatang. Pasalnya, ketersediaan infrastruktur kesehatan yang sudah maksimal tetapi masih kurang pada ketersediaan SDM.

“Beasiswa untuk dokter ahli dan spesialis contohnya yang setiap tahun disiapkan, bisa saja di tahun depan akan ditambah sesuai dengan tema tahun pembangunan,” tambah Sofyan.

Sementara itu, terkait dengan pembahasan APBD tahun 2020, Sofyan mengungkapkan pihaknya tinggal menunggu penuntasan pembahasan KUA-PPAS yang tinggal memasuki tahap kedua atau paripurna.

“Nanti setelah KUA-PPAS-nya tuntas dibahas bersama antara TAPD dan Banggar, selanjutnya kami mempersiapkan Ranperda APBD tahun 2020 dan kembali akan dibahas dengan DPRD,” pungkas Sofyan.