KOTAMOBAGU- Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Kotamobagu, satu-satunya sekolah di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang menjadikan jurnalistik sebagai salah satu pelajaran ekstrakulikuler bagi siswanya.

Program akademik tahun 2019 yang digagas Kepala SMP Negeri 1 Kotamobagu, Hendra Mokoagow, S.Pd ini, mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagi kalangan, salah satunya Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Pengurus AJI Manado di Bolmong Raya, Supardi Bado mengatakan, langkah pihak sekolah menjadikan jurnalistik sebagai pelajaran ekskul sangat tepat.

“Kami sangta mengapresisi ekskul jurnalistik ini. Itu langkah tepat dari pihak sekolah dengan menggandeng organsasi jurnalis. Di BMR, SMP 1 Kotamobagu yang pertama lakukan ini jika benar dilakukan,” kata Pemred Media Totabuan ini.

Menurut Supardi, pendidikan jurnalistik sangat bermanfaat bagi siswa untuk mengasah kemampuan menulis.

“Skill jurnalistik mudah dipelajari, apalagi diajarkan sejak dini, dapat menambah kemampuan siswa dan bermanfaat saat mereka ingin melanjutkan ke jenjang SMU maupun perguruan tinggi,” katanya.

“Intinya kami sangat mendukung dan mengapresiasi hal tersebut. Semoga tidak hanya SMP 1 Kotamobagu saja, tetapi bisa menular ke sekolah-sekolah lain di Bolaang Mongondow Raya,” pungkasnya.