Bangunan Induk Puskesmas Motoboi Kecil.

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu masih menutup pelayanan di Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) Puskesmas Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, terhitung sejak tanggal 21 Desember 2020 hingga 27 Desember 2020 namun hingga kini belum di buka sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu Soemartini Soegiharjo, ditutupnya pelayanan di Puskesmas karena masih menunggu hasil swab PCR COVID-19 para tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas tersebut dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas Satu Manado.

“56 pegawai dan satu tenaga harian lepas yang menjalani tes swab. 39 orang hasilnya belum ada. Sementara 18 orang hasilnya negatif namun masih menjalani isolasi mandiri dirumah sambil menunggu hasil pemeriksaan swab kedua dan ketiga,” sebut Soemartini, Senin (4/1/2021).

Meski begitu, kata dia, pemerintah berencana akan segera membuka pelayanan di Puskesmas Motoboi Kecil dengan memaksimalkan tenaga kesehatan yang hasilnya negatif.

“Untuk sementara warga yang datang untuk berobat dialihkan ke Puskesmas lain,” kata Soemartini sembari mengatakan bahwa bangunan Puskesmas Motoboi Kecil telah disemprot dengan cairan disinfektan.

Penutupan pelayanan kesehatan di Puskesmas Motoboi Kecil dikarenakan pada sebelumnya terdapat 15 orang Nakes positif terinfeksi COVID-19.

Penulis: Rahmat Putra