BOLSEL – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah masuk pada masa kampanye. Di daerah ini, terdapat dua pasangan calon yang mendaftar pada Pilkada serentak tahun 2020, yakni pasangan nomor urut 1 Hi Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid (BERKAH) dan pasangan nomor urut 2 Riston Mokoagow-Selviah Van Gobel (RISKI).

Meski begitu, baru pasangan BERKAH yang boleh melaksanakan tahapan kampanye. Sementara, untuk pasangan RISKI masih terkendala kelengkapan berkas administrasi.

“Tahapan kampanye sudah dilakukan oleh pasangan BERKAH karena sudah melengkapi berkas persyaratan dan itu sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU. Sementara untuk pasangan RISKI sendiri, mereka masih harus melakukan proses pemeriksaan kesehatan untuk melengkapi persyaratan,” beber Ketua KPU Bolsel, Eskolano Kakunsi, Jumat (2/10/2020).

Keterlambatan pengurusan dokumen, menurut Eskolano, karena sebelumnya pasangan RISKI terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

“Mereka bisa melanjutkan lagi tahapan setelah memasukan hasil negatif COVID-19,” jelasnya.

Lebih jauh Eskol sapaan akrab Eskolano menjelaskan, KPU akan memberikan waktu yang sama dan perlakuan yang sama seperti pasangan sebelumnya jika RISKI telah memasukan hasil negatif. 

“Kami memberikan waktu mulai tanggal 19 September sampai 7 Oktober atau selama 14 hari. Nanti sesuai jadwal, tanggal 8 Oktober, jika berkas persyaratan sudah lengkap, pasangan RISKI akan ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati kemudian mengikuti tahapan-tahapan Pilkada,” jelasnya lagi.

 

Sekadar untuk diketahui, pasangan nomor urut 1 Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid diusung oleh PDI Perjuangan, partai Gerindra dan Perindo serta dukungan PPP. Sementara Riston Mokoagow-Selviah Van Gobel diusung oleh partai Golkar, partai Nasdem dan PAN.

 

Penulis: Nanda Saputra